6 Cara
Rahasia iklan Facebook Ads Anda Berhasil !!
Di antara anda yang pebisnis
pasti kenal bahkan pernah mencoba beriklan di facebook ads
Nah, di artikel ini akan bahas
kenapa iklan Facebook Ads masih efektif dan masih worth it dipakai buat pemula
di tahun 2020 ini
Alasan yang sederhana tapi
bikin orang tertarik adalah biaya iklan Facebook Ads terbilang terjangkau
Dari data Facebook untuk
pasang iklan Facebook ads biayanya sekitar $5 untuk seminggu atau 50.000
seminggu
Alasan lainnya yang bikin
beriklan di Facebook Ads masih menarik bagi pebisnis/calon pebisnis, karena:
#1. Jumlah penggunanya tinggi
Di Indonesia, dari data
kuartal kedua 2020 (Monthly Active Users/MUA) ada sekitar 2,7 miliar pengguna
aktif yang main Facebook dan yang mainin dari segala gender, usia, karyawan
atau bukan dll
#2. Target super detail dan
luas
Bisa pilih target lebih spesifik,
kaya lokasi iklan Facebook ads ditayangkan, usia dan pekerjaan audiens,
atur tampilan untuk mobile atau desktop, dan lain-lain
Iklan Facebook Ads membantu Anda menjangkau audiens di lokasi
yang berbeda, iklan secara otomatis akan dilihat audiens saat
mereka buka beranda Facebook tanpa perlu scroll
#3. Facebook Ads sangat
efektif
Facebook Ads bisa dengan mudah
membidik target pasar Anda, seperti demografi, lokasi, perilaku, dan lainnya,
Facebook Ads juga bisa dihubungkan dengan sosial media lainnya
#4. Mudah dipakai dan hasilnya
cepat
Facebook ads dirancang untuk
pemula yang gak tau cara beriklan dan hasilnya akan langsung terlihat
berdasarkan klik yang didapat
Untuk mempermudah Anda, Anda
bisa baca panduan beriklan yang bahasanya mudah dipahami
Anda bisa mengatur pembayaran
iklannya, perhari atau perbulan, dan jadwal tayang iklan bisa Anda atur sendiri
#5. Bisa pilih jenis iklan
- Click to website
Setiap klik iklan di Facebook
adalah bayaran Anda dari berapa banyak klik yang didapat dari iklan itu, bikin
iklan Facebook ads yang menarik dengan teks, gambar maupun video
- Event responses
Iklan Facebook ads ini
dipasang kalau ada acara tertentu seperti acara promo, giveaway dan
lainnya
- Website conversions
Membantu untuk arahkan
pengunjung ke website bisnis Anda untuk melihat produk jualan, sehingga ada
peluang transaksi penjualan
- Page post engagement
Berfungsi untuk tingkatkan
reputasi bisnis dengan bagikan link website, foto/video, status dan lainnya ke
pengguna lain
Semakin sering Anda bagikan
postingan menarik maka ada kesempatan untuk dapat jumlah like, komentar dan
share yang banyak
#6. Fitur menarik di iklan
Facebook Ads
Ada fitur page like, traffic,
brand awareness, custom audience, retargeting, lookalike audience dan lainnya
Contoh, Anda
bisa pakai fitur traffic untuk tingkatkan jumlah pengunjung,
Fitur lainnya, ada Fitur
Insight seperti Instagram yang gunakan untuk mengetahui seberapa tinggi
engagement iklan Anda
Negara tujuan : Anda bisa
pilih tempat penayangan iklannya dan disesuaikan sama keberadaan target market,
mau di dalam negeri atau luar negeri
Usia target pasar : Anda bisa
tentukan usia berapa yang bisa lihat iklan anda, remaja sekitar 20th, ibu-ibu
atau bapak-bapak sekitar 30 th atau lebih
Ketertarikan target pasar :
Anda bisa atur iklan Facebook ads ini untuk orang yang punya ketertarikan yang
sama, misalnya anda mau incar orang yang suka jam tangan, sepatu, kartun, film,
game, anime, kpop dan lainnya
Keberhasilan iklan Facebook
ads Anda juga dipengaruhi oleh faktor ini :
1. Iklan yang padat, jelas dan
mudah dipahami
Buat iklan jangan bertele-tele langsung to the point inti iklan Anda itu mau jual produk apa, bahasa yang digunakan, Anda bisa menggunakan bahasa yang lebih santai biar calon pembeli mudah paham
Deskripsi ini langsung
mengarah ke kaum laki-laki terutama bapak-bapak yang punya hobi mancing, kaos
ini bisa jadi identitas hobi mereka dan mancing jadi lebih semangat
2. Foto produk
Visual pada iklan sangat
berguna agar calon pembeli bisa percaya dan tahu bentuk produk Anda dengan
jelas
Pengambilan foto jangan asal
ya, letak produk bisa taro di tengah biar customer langsung fokus ke produk
Cahaya juga diperhatikan,
kalau bisa cari ruangan yang lampunya terang atau pake yang alami dari cahaya
matahari
Background biar aman pakai
warna polos tapi jangan nabrak sama warna produk ya
3. Testimoni dari
pembeli
Keraguan calon pembeli ini
bisa Anda atasi dengan kasih beberapa screenshot history chat Anda
dengan pembeli sebelumnya atau video yang menceritakan pengalamannya belanja di
toko Anda dan review produk
4. Pemilihan format iklan yang
tepat
Format iklan bantu Anda dalam
proses nentuin konten apa yang akan dibuat nanti
Ukuran gambar yang digunakan
iklan ada 2 jenis, klik to Website ukurannya 1.200 x 628
piksel dan klik to Like Page ukurannya 1.200 x 444 piksel
Sedangkan untuk durasi iklan
video seperti ini
Dan ini beberapa format iklan
yang bisa Anda pakai:
- Iklan gambar tunggal
Bertujuan untuk membangun
kesadaran audience pada produk jualan Anda, membangun
interaksi dan meningkatkan trafik bisnis, contohnya:
Untuk iklan jenis ini
tulisannya jangan terlalu banyak ya, kasih aja headline nama produk, harga dan
logo toko, selebihnya informasi produk atau CTA untuk pemesanan bisa ditaro di
deskripsi
- Iklan video
Anda bisa pamer proses
produksi, produk, testimoni, dan layanan dengan lengkap pakai iklan video.
Contohnya video dari yoiki
thai tea indonesia
- Iklan carousel
Yang bikin beda dari iklan
tayangan slide adalah iklan carousel punya satu elemen yang sama, jadi gambar
atau story pertama dan seterusnya masih nyambung, contohnya:
5. 1 iklan 1 pesan
Fokuskan sama apa yang mau
Anda sampaikan, jangan semua hal sampaikan dalam 1 iklan karena iklan yang
tayang tidak akan efektif
Tentukan dulu goals iklan
Facebook adsnya apa atau apa yang ingin Anda tonjolkan di iklan tersebut,
contohnya kaya iklan ini:
6. Fokus pada masalah konsumen
Pebisnis yang baik adalah
pebisnis yang menyediakan solusi dari masalah pelanggan, ini perlu diterapkan
ke iklan juga
Jangan cuma andelin promo dan
posting produk untuk naikin penjualan, setiap iklan yang ditayangkan tetap
harus ada solusinya, contohnya:
Iklan ini memberi solusi untuk
audience berupa kursus bisnis agar audiens mau belajar berbisnis jadi mereka
tetap punya penghasilan di era new normal ini
Sama kaya franchise
yoiki thai tea indonesia yang punya solusi buat Anda yang ingin punya
bisnis sendiri dengan daftar jadi franchise
yoiki thai tea indonesia
Bisnis thai tea ini bisa bantu
masalah ekonomi, disana franchise yang sudah daftar akan diajarkan sampai
benar-benar berhasil
Dan franchise
yoiki thai tea indonesia ini terbuka untuk semua kalangan, tua atau
muda, karyawan atau belum kerja, bahkan buat orang yang pengen punya penghasilan
tambahan
Keuntungan buat anda yang
sudah daftar gak mikir produksi, gak stok barang, gak urusin pengiriman, ada
garansi, cukup jualan dan melayani pembeli saja.
Semoga tips iklan Facebook ads
kali ini membantu, jangan lupa share ke semua sosial media yang Anda punya
Posting Komentar
Posting Komentar